Studi di Australia ? Apa itu AAS? Berminat?

Menempuh pendidikan di Luar Negeri khususnya Australia bukanlah suatu hal yang mustahil. Banyak mahasiswa Indonesia yang bersekolah disana. Bahkan menurut saya, Indonesia merupakan salah satu negara dimana penduduknya paling banyak menempuh pendidikan di Australia. Banyak juga mahasiswa asal Papua atau Papua Barat yang saya temui disana. Hal tersebut juga mungkin didukung oleh jarak antara Indonesia dan Australia yang tidak terlalu jauh. Selain itu banyaknya toko, restoran dan hal-hal yang ‘berbau” Indonesia sehingga menyebabkan mahasiswa asal Indonesia tidak merasa terlalu asing saat berada disana, dibandingkan dengan jika mereka menempuh pendidikan di negara-negara maju lainnya.

Jadi Apa itu Australia Awards Scolarsip (AAS)?, Australia Awards Scolarsip (AAS) adalah beasiswa penuh dari Pemerintah Australia yang secara rutin diberikan setiap tahunnya untuk pelajar internasional agar dapat melanjutkan kuliah S2 dan S3 di universitas-universitas terkemuka di Australia. Beasiswa Australia Awards dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, relasi, potensi diri serta hubungan jangka panjang yang positif antara Australia dan Indonesia.

Berdasarkan pengalaman saya, beasiswa ini merupakan beasiswa yang paling generous (dermawan). Bagaimana tidak, pada saat kita lolos aplikasi/berkas, dan harus melalui proses wawancara, semua biaya mulai dari transport dll sudah ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa (untuk yang berasal dari papua dan papua barat, tempat melakukan wawancara adalah di Jayapura). Setelah kita dinyatakan lulus beasiswa ini, kemudian pihak pemerintah Australia akan memastikan kita “siap” untuk menempuh pendidikan di Australia dengan memberikan training terlebih dahulu yang disebut Pre-Departure Training (PDT). Lokasi PDT yang ditawarkan adalah di Jakarta dan Bali (biasanya sesuai regional). Pada saat PDT kita diberikan training untuk memantapkan kemampuan bahasa inggris kita dan juga tentang Academic dan school system disana (karena sistem akademik dan perkuliahan mereka berbeda dengan di Indonesia). Setelah kita sudah tiba di Australia, kita akan diberikan living support (biaya penunjang), living allowance (biaya hidup rutin), tiket reuni pulang, asuransi kesehatan, dukungan akademis (mentor atau pembimbing) bahkan psikolog (jika kita mengalami stress selama perkuliahan).

Banyak Hal-hal positif yang  didapatkan selama disana, disamping gelar S2 dari Australia tentunya. Jalinan relasi dengan banyak teman-teman dari negara lain bukan hanya Indonesia merupakan hal yang saya rasakan bahkan hingga setelah saya selesai. Selain itu hubungan dengan para pengajar/dosen yang terjalin dengan baik terutama dosen-dosen pembimbing merupakan suatu keuntungan dan bermanfaat untuk masa depan. Kesempatan lain yang saya dapatkan lewat Beasiswa ini adalah ketika saya mendapatkan Allison Sudradjat Awards. Penghargaan yang diberikan ini memberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan menunjang pendidikan dan pengetahuan. Lewat Allison sudradjat Awards, saya berkesempatan untuk melakukan aktivitas seperti menghadiri dan berpartisipasi pada saat konferensi Global Health Security, konferensi Emerging Infectious Diseases CDC di Atlanta USA, pembuatan video SKDR/PD3I Dinkes Papua Barat (yang akan saya bagikan di web dinas) dll. Bahkan Di Australia, disamping berkuliah kita juga diberikan kesempatan untuk bekerja dengan standar UMR yang tentunya jauh lebih tinggi dari Indonesia.

Sebentar lagi pendaftaran Beasiswa Australia Awards akan dibuka. Pendaftaran dibuka setiap awal tahun sekitar tanggal 1 Februari hingga 30 April 2020. Informasi tentang beasiswa ini bisa di cek di website https://www.australiaawardsindonesia.org/; atau juga bisa dengan menelfon kantor Australia Awards di Indonesia (no. telfonnya bisa ditemukan di webiste tsb), atau daftar langsung ke link berikut https://oasis.dfat.gov.au/

Jika ada yang ingin menanyakan lebih banyak hal tentang beasiswa AAS bisa menghubungi saya secara langsung dan saya akan membantu sebisany./Mercy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *