Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan

Nama : dr. Victor Eka Nugrahaputra, M.Kes.
NIP : 19720501 2000212 2 007
Motto : Tujuan hidupku adalah memuliakan nama Tuhan. Lakukan segala sesuatu dengan segenap hati untuk Tuhan.

Profil

Pada 30 Maret 2009 beliau dilantik sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat oleh Abraham O. Atururi, Gubernur Papua Barat saat itu. Dan beliau dikukuhkan kembali pada jabatan yang sama oleh Dominggus Mandacan, Gubernur Papua Barat saat ini, pada tanggal 12 Januari 2017.

Beliau adalah seorang dokter umum alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Pengabdian di Provinsi Irian Jaya atau yang sekarang dikenal sebagai Provinsi Papua Barat, dimulai saat beliau bertugas sebagai dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang sekaligus menjadi Kepala Puskesmas Bintuni, Kecamatan Bintuni, Kabupaten Manokwari pada tahun 1996-1999. Pengabdian beliau dilanjutkan dengan menjadi Kepala Puskesmas Prafi SP IV, Kecamatan Prafi, Kabupaten Manokwari pada tahun 2000-2003.

Setelah menempuh pendidikan lanjutan pada Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya pada minat studi Mikrobilogi Kedokteran pada tahun 2004-2006, beliau dipercayakan sebagai Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Penyehatan Ligkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari sejak 8 Februari 2007 dan dilantik oleh Dominggus Buiney, Wakil Bupati Manokwari saat itu.

Saat ini, beliau yang kelahiran Sidoarjo Jawa Timur, juga aktif sebagai surveior akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Bidang Administrasi Manajemen pada Komisi Akreditasi FKTP. Beliau juga sebagai Ketua Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) dan Wakil Ketua I Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (Komda PGPKT) Provinsi Papua Barat.

Dengan spirit dan konsistensi untuk melakukan akselerasi pembangunan kesehatan Papua Barat, beliau berupaya sekuat tenaga untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan dasar dan pelayanan rujukan di Papua Barat sampai saat ini.