" Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. "
blog-img

Agus Sumule Melawan Covid 19 Dengan Desentralisasi Pengujian

 Herman Lawalata  |   27/04/2020  |   Info Terkini  |   1462 Baca

Lebih dari dua minggu, blog ini tidak mengunjungi pembaca setia, karena admin sedang disibukkan dengan penanganan beberapa penderita Covid (+) di Fasilitas Karantina Provinsi Papua Barat. Kali ini, Agus Sumule (tidak asing dengan nama ini kan?), yang juga adalah anggota Badan Pengawas Rumah Sakit Provinsi (BPRSP) Papua Barat, mengirimkan tulisannya kepada admin. Tulisan ini juga dimuat di beberapa media online. Admin mendapat izin untuk memuat tulisan ini di blog kesayangan kita. Selamat mendapat pencerahan baru.


Kenapa Covid-19 seperti sulit dikendalikan? Karena terlalu banyak unknown, terlalu banyak yang kita tidak tahu. Dan, yang paling kita tidak tahu itu adalah siapa yang telah terinfeksi, siapa yang tidak/belum.

Semua orang kita perlakukan seolah-olah telah terinfeksi. Akibatnya, kita tidak punya pilihan. Kita harus pakai masker ketika keluar, atau sedapat mungkin tinggal di rumah. Sekolah ditutup, diganti dengan belajar online. Padahal tidak semua anak punya akses ke internet – apalagi di kampung-kampung. Padahal, belum tentu penduduk di kampung-kampung itu telah terinfeksi. Hotel-hotel tutup. Pabrik tutup. Bisnis tutup. Di kota-kota besar, anak-anak muda terpaksa tidur di emper-emper gedung. Mereka sudah tidak punya uang untuk bayar kos.

Tetapi, situasi ini mestinya bisa bertahap diubah kalau kita tahu dengan pasti siapa yang terinfeksi, siapa yang tidak. Caranya? Ya, dengan mendesentralisasi pengujian Covid-19.

Hari ini, untuk seluruh Tanah Papua, kita hanya punya satu laboratorium pengujian dengan menggunakan peralatan Polymerase Chain Reaction — PCR milik Kemenkes. Dari berbagai tempat di Tanah Papua, khususnya Provinsi Papua, spesimen swab (lendir) pasien yang dicurigai terinfeksi Covid-19, dibawa ke tempat ini. Hasil pengujian lab ini 100% menjamin seseorang terinfeksi atau tidak.

Jadi, seharusnya laboratorium pengujian Covid-19 dengan peralatan PCR dibangun di banyak tempat di Papua. Yang dites pun bukan hanya mereka yang dicurigai tertular, tetapi seluruh masyarakat. Tentu secara bertahap.

Apakah kita bisa? Tentu bisa! Kenapa tidak?

Katakanlah untuk memiliki fasilitas PCR diperlukan dana Rp 2 miliar. Semua kabupaten/kota di Tanah Papua punya APBD rata-rata Rp 1 triliun per tahun. Kalau punya 10 lab tiap kabupaten, hanya perlu Rp 20 miliar. Kalau punya 30 lab berarti hanya perlu Rp 60 miliar (klik Kami Bisa Beli Mesin PCR! Semudah Itukah?).

Kalau setiap lab bisa menguji 200 spesimen swab sehari, berarti dalam sehari pula bisa diketahui status ketertularan Covid-19 dari 600 orang penduduk di kabupaten/kota tersebut.

Dari mana SDM-nya? Ya, dari Papua juga. Kita punya banyak lulusan FMIPA di Uncen, Unipa, Sekolah Tinggi Analis Kimia, dan berbagai perguruan tinggi lain yang bisa dilatih.

Bagaimana mewujudkannya?

Pengujian dengan menggunakan PCR bisa dimulai dari kelompok-kelompok masyarakat yang karena lokalitasnya mereka sudah `terisolasi’. Misalnya, masyarakat Tobati di Kota Jayapura. Kalau dilakukan pengujian dengan peralatan PCR dan ternyata seluruh masyarakat Tobati itu tidak tertular COVID-19, maka mereka bisa beraktivitas seperti biasa di dalam komunitas mereka sendiri. Mereka bisa ditetapkan sebagai Komunitas Tertutup oleh Walikota.

Artinya, untuk sementara, mereka tidak boleh ke luar, dan orang lain tidak boleh masuk – kecuali yang telah teruji bebas Covid-19. Tetapi, di dalam komunitas mereka, semua aktivitas berjalan seperti biasa, termasuk pendidikan, perekonomian, keagamaan, dsbnya.

Kemudian proses pengujian dilanjutkan di kampung/pulau di sebelahnya. Yang terinfeksi dibawa ke luar komunitas untuk dirawat sampai sembuh. Tetapi, kampung/pulau itu sudah bisa berinteraksi dengan Tobati karena sama-sama sudah bebas Covid-19. Berarti kawasan bebas Covid-19 semakin luas. Begitu seterusnya. Sampai suatu ketika seluruh Kota Jayapura bisa dinyatakan bebas 100% dari Covid-19.

Jadi, semua ini tergantung pada ada tidaknya sistem pengujian dengan peralatan PCR yang tersebar di berbagai tempat. Sekali lagi, dari segi keuangan dan SDM hal tersebut bisa diwujudkan.

Persoalannya hanyalah apakah kita mau atau tidak./-DoVic 270420-





Berita Terbaru

Cakupan Malaria Di Papua Barat

24 April 2024 | 18 Baca


Dinkes Papua Barat Gelar Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan

04 April 2024 | 107 Baca


Sosialisasi Integrasi Layanan Primer

29 March 2024 | 123 Baca


BERBAGI TAKJIL

28 March 2024 | 129 Baca


Pelayanan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat Terintegrasi GISA dan BPJS

05 December 2023 | 484 Baca


PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK

24 September 2023 | 752 Baca


Lihat Selengkapnya

Total Pengunjung

586,794 Pengunjung

Pengunjung Bulan Apr

7,800 Pengunjung

Pengunjung Hari Ini

355 Pengunjung

Website Kab/Kota

footer_logo
footer_logo
footer_logo

2020 © copyright by Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. All rights reserved.