" Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. "
blog-img

Kembali Bekerja

 Herman Lawalata  |   08/07/2020  |   Info Terkini  |   206 Baca

Penulis kali ini adalah dr. Ayu Suwarayu, seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar tahun 2016. Penulis merasa gundah gulana dengan kesiapan para Aparat Sipil Negara dan masyarakat jika sesaat lagi harus bekerja kembali di kantor masing-masing alias tidak Work From Home lagi (klik WFH = Work From Ho(me/spital)). Kegundahannya memunculkan ide cemerlang: CINTA KO.


Pemerintah melalui Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan bahwa masyarakat sudah dapat menjalani kehidupan di masa transisi New Normal, seiring dengan ruang publik yang telah dibuka secara bertahap dan sesuai dengan kriteria untuk menjalankan New Normal (klik New Normal: Normal Yang Berbeda Dari Sebelumnya!). Berdasarkan laporan World Health Organization (WHO), virus Corona tidak akan hilang dalam sekejap, maka untuk melawannya harus dengan menerapkan pola hidup baru guna menjaga kesehatan. Menurut berita yang saya baca, di Provinsi Papua Barat tanggal 14 Juli 2020 perkantoran sudah akan mulai beroperasi kembali.

Melalui Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020, Kementerian Kesehatan telah menerbitkan suatu panduan protokol kesehatan di perkantoran dan industri yang wajib dilaksanakan. Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengajak masyarakat agar mematuhi protokol tersebut, namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang belum mematuhinya. 

Sebagian besar kita bekerja di perkantoran dan berinteraksi dengan banyak orang dan terbiasa dengan kebiasaan sebelum pandemi Covid-19, sehingga terkadang kita lupa untuk melakukan protokol New Normal tersebut. Namanya manusia memang sering lalai, sayapun terkadang tidak mengingat semua standar protokol tersebut. Dulu waktu kuliah saya suka membuat jembatan keledai untuk mengingat hal-hal yang saya sering lupa. Jadi, agar saya dapat mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penularan virus corona, saya membuat jembatan keledai yang gampang saya ingat yaitu “CINTA KO”  

C = Cuci tangan pakai sabun / sanitizer

I  = Ingat pakai masker

N = No sentuh wajah, mata, hidung dan mulut sebelum cuci tangan

T = Tiap 4 jam bersihkan / desinfeksi lingkungan kerja

A = Atur jarak minimal 1 meter

K = Konsumsi makanan yang bergizi

O = Olah raga yang cukup

Itulah cara saya mengingat protokol kesehatan yang telah diupayakan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona. Saya berharap kita bersama-sama mematuhi protokol kesehatan tersebut, sehingga akan melindungi diri kita dan orang lain, supaya kita dapat melawan pandemi ini (klik 2019-nCoV Menyerang, Manusia Bertahan).

“Karena saya CINTA KO, jadi kitorang saling jaga. Kalau bukan kitorang, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?”/ -DoVic 080720-




footer_logo
footer_logo
footer_logo