" Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. "
blog-img

RAPAT KERJA KESEHATAN DAERAH PROVINSI PAPUA BARAT 28 MARET 2023

 Herman Lawalata  |   29/03/2023  |   Program Kerja  |   535 Baca

Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat melaksanakan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (RAKERKESDA) Tahun 2023, Selasa 28/03/2023. RAKERKESDA menjadi wadah dalam menyatukan presepsi mengenai sistem dan mutu Pelayanan Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat OTTO PARORRONGAN, SKM,. M.M.Kes mengatakan, pelaksanaan Rakerkesda ini juga sebagai forum komunikasi, konsultasi, konsolidasi dan sinkronisasi program-program kesehatan. Dengan adanya Kegiatan RAKERKESDA ini juga menjadi akses Pusat, Provinsi dan Kabupaten dan Pelaksana teknis Kesehatan.

"Rapat Kerja Kesehatan kali ini merupakan Rapat Kerja Kesehatan yang ke 10 dan Raker Pertama Juga dilakukan di Manokwari", papar Otto Parorrongan. Menerut dia, Rapat Kerja dimaksudkan mempercepat 6 Pilar Transformasi Kesehatan. Diantaranya Transformasi Pelayanan Primer, Transformasi layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Kerja Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

Direktur Tata kelola Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Mohamad Taufiq mengakatan Permenkes 13 Tahun 2022 yang didalamnya ada perubahan dasar yang harus dilaksanakan pada 2022 sampai 2024 yakni Transformasi Kesehatan.

"Layanan primer bagaiamana Tiga Pilar yakni bagaimana memperkuat masyarakat, keterlibatan lintas sektor dan adanya integrasi layanan UKM ( Usaha Kesehatan Masyarakat) dan UKP (Usaha Kesehatan Permanen)," paparnya.

Hal ini dharus diperkuat dari sisi edukasi kepada masyarakat. Pada pelayanan rujukan harus standar asia. Menurut dia, masyarakat dimanapun harus memperoleh akses yang sama dalam pelayanan kesehatan.

Dia berharap Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota dapat mewujudkan Transformasi dengan membuat rencana akasi Program. Sementara Pejabat Gubernur Papua Barat Komjen. Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw M.Si yang membuka kegiatan tersebut barharap, nantinya dapat memberikan masukan untuk sama-sama berkolaborasi.

"Masyarakat membutuhkan pelayanan maksimal terutama pelayanan dasar. Kita harap standar pelayanan kesehatan sama di seluruh Indonesia," tuturnya. 

Dalam melaksanakan tersebut bisa dilakukan studi banding di daerah lain sehingga pelayanan dasar berjalan baik.

 

(PI&HUMAS 28/03/2023)

#humasdinkespabar

#rakeskesda2023
 




Berita Terbaru

Pelayanan Kesehatan Bergerak Di Kampung Adijaya dan Kampung Karawawi

25 April 2024 | 28 Baca


Cakupan Malaria Di Papua Barat

24 April 2024 | 26 Baca


Dinkes Papua Barat Gelar Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan

04 April 2024 | 112 Baca


Sosialisasi Integrasi Layanan Primer

29 March 2024 | 128 Baca


BERBAGI TAKJIL

28 March 2024 | 134 Baca


Pelayanan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat Terintegrasi GISA dan BPJS

05 December 2023 | 488 Baca


Lihat Selengkapnya

Total Pengunjung

587,197 Pengunjung

Pengunjung Bulan Apr

8,203 Pengunjung

Pengunjung Hari Ini

216 Pengunjung

Website Kab/Kota

footer_logo
footer_logo
footer_logo

2020 © copyright by Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. All rights reserved.