• F A Q
  • Sitemap

Mewujudkan Papua Barat Yang Sehat. #SalamSehat

Search:
  • Beranda
  • Profil
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Kesehatan
  • Informasi Publik
    • RPJMD / RENSTRA
    • RENJA
    • LAKIP
    • RUP
    • DPA
    • Realisasi Keuangan
  • Layanan Publik
    • Cara Memperoleh Informasi
    • Cara Permohonan Informasi
    • Cara Pengajuan Keberatan
  • Unduhan
    • Peraturan
    • Perangkat Lunak
    • Materi Kegiatan
    • Faskarpie
    • Lainnya
  • Kontak Kami
  • courses-img

    Pasien Perlu Dipuaskan Juga

    Herman Lawalata / Tuesday, 12 Jan 2021 / 20:11 WIT / 1.767 Read

    Di tahun yang lalu, unggahan-unggahan di media sosial yang menyatakan ketidakpuasan terhadap fasiltas pelayanan kesehatan di Papua Barat sempat menarik perhatian sejumlah pihak. Di antara unggahan-unggahan tersebut ada yang sampai viral ke level nasional. Lepas dari apakah seluruh isi unggahan itu 100% benar, namun pasti ada satu atau sejumlah kebenaran yang menjadi penyebab diunggahnya ungkapan ketidakpuasan tersebut. Penulis juga pernah menerima pesan yang disampaikan secara pribadi tentang keluhan dan masukan dari beberapa pihak atas kualitas pelayanan yang diberikan oleh sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan di Papua Barat. Di era kesadaran akan mutu pelayanan kesehatan seperti sekarang ini, umpan balik dari pengguna layanan sangat diperlukan (klik Umpan Balik Pengguna Layanan Kontrol Mutu Layanan RS). Bahkan, pada fasilitas pelayanan kesehatan yang sadar akan hal ini, dengan sengaja menyediakan sejumlah saluran, agar pengguna layanan dapat menyampaikannya. Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik menyediakan kotak saran/aduan, nomor hotline atau media sosial tertentu. Dan berbagai upaya perbaikan dilakukan atas dasar umpan balik itu demi kepuasan pengguna layanan (klik Klinik Pratama Fatima Fakfak Patuhi Standar Demi Puaskan Klien).

    Mengingat pentingnya aspek ini, maka selain unsur kepatuhan terhadap pedoman dan standar serta unsur performa kinerja program, maka Kepuasan Pengguna Layanan dimasukkan sebagai salah satu dari enam Indikator Nasional Mutu (INM) Pelayanan Kesehatan di Puskesmas (klik Patuh: Indikator Nasional Mutu di Puskesmas, Keberhasilan Pengobatan Pasien TB SO Jadi Indikator Mutu Di Puskesmas). Kepuasan pengguna layanan adalah hasil pendapat atau penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan yang diberikan kepada aparatur penyelenggara pelayanan publik dibandingkan dengan harapan terhadap pelayanan. Kementerian Kesehatan akan menetapkan target dari indikator Kepuasan Pengguna Layanan sebesar minimal 76%.

    Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna layanan di suatu fasilitas pelayanan kesehatan perlu dilakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). SKM adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik. SKM dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik secara berkala minimal setahun sekali. Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 14 tahun 2017 telah memberikan Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Pelaksanaan SKM perlu memperhatikan prinsip (1) Transparan, (2) Partisipatif, (3) Akuntabel, (4) Berkesinambungan, (5) Keadilan dan (6) Netralitas.

    Menurut Kementerian Kesehatan, definisi mutu pelayanan kesehatan adalah kinerja yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, yang di satu pihak dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien (pelanggan) sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk, serta di pihak lain tatacara penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi yang telah ditetapkan. Dengan demikian, semua fasilitas pelayanan kesehatan di Papua Barat perlu berjuang keras untuk meningkatkan kepatuhan terhadap pedoman dan standar serta memastikan tingkat kepuasan pengguna layanannya tercapai.

    -DoVic 110121-


    #DinkesPabar #SalamSehat
  • Kategori
    Program Kerja »
    Info Terkini »
    Kesehatan »
    Covid-19 Papua Barat »
    FKPIE »
    VAKSINASI COVID-19 »

    Berita Terbaru
    Penyerahan Bantuan Cold Chain Kepada Rumah Sakit TK.III J.A Dimara Manokwari »
    09 May 2025
    Wakil Gubernur Papua Barat Pimpin Apel Pagi »
    06 May 2025
    Penyerahan DPA TA.2025 Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat »
    04 Mar 2025
    Serah Terima Jabatan Gubernur Papua Barat »
    20 Feb 2025
    Launching Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Fakfak »
    10 Feb 2025
    IMPLEMENTASI DAN MANFAAT SATUSEHAT SDMK DALAM VERIFIKASI DATA TENAGA KESEHATAN DAN TENAGA MEDIS TERINTEGRASI PERENCANAAN KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN »
    02 Dec 2024
    PERTEMUAN KOORDINASI TEKNIS PUSAT DAN DAERAH »
    08 Nov 2024
    DINKES Papua Barat dan BBPK Makassar Menggelar Pelatihan TOT Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Infeksi (PPI) di FKTP »
    02 Nov 2024
    Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat »
    04 Oct 2024
    Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Papua Gelar Musyawarah Daerah Ke III Tahun 2024 »
    23 Sep 2024

    View More »

Google Maps »
Dinkes Provinsi Papua Barat »
Jl. Brigjen Marinir (Purn) Abraham O. Atururi. Arfai - Manokwari - Papua Barat.
Kode Pos: 98315.

E-mail:
dinaskesehatanprovpapuabarat@gmail.com
Instagram:
dinkes_pabar
facebook:
Imunisasi-Papua Barat Sehat
RSUD Provinsi Papua Barat »
Jl. Angkasa Mulyono, Kompleks Irman Jaya. Amban - Manokwari - Papua Barat.
Kode Pos: 98312.

E-mail:
rsudpapuabarat@gmail.com
Instagram:
rsudprovinsipapuabarat

Copyright © Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

2020 - 2025